Senin, 20 Desember 2010

kewirausahaan

TUGAS KEWIRAUSAHAAN





Disusun Oleh :

Isma Saputro (30407460)
KELAS : 4 ID03






JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2010

TUGAS INI BERDASARKAN MATERI KEWIRAUSAHAAN YANG TELAH ADA (DI DONWLOAD), DAN SAYA MENCOBA MENJELASKAN HAL-HAL YANG DIANGGAP PENTING.
KEWIRAUSAHAAN
Kewirausahaan adalah proses penciptaan sesuatu yang berbeda nilainya dengan menggunakan usaha dan waktu yang diperlukan, memikul resiko finansial, psikologi dan sosial yang menyertainya, serta menerima balas jasa moneter dan kepuasan pribadi.
Wirausahawan adalah orang yang merubah nilai sumber daya, tenaga kerja, bahan dan faktor produksi lainnya menjadi lebih besar daripada sebelumnya dan juga orang yang melakukan perubahan, inovasi dan cara-cara baru.
Tiga jenis perilaku :
1. Memulai inisiatif maksudnya melakukan sesuatu tindakan atau hal yang benar/berguna tanpa diberitahu sebelumnya. Dan biasanya inisiatif karena ada beberap sebab misalkan:
A. Alasan Keuangan : Mencari tambahan penghasilan yang dinilainya masih kurang mencukupi dan mencari nafkah demi kelangsungan hidup.
B. Alasan Sosial : karena ingin lebih banyak dikenal oleh orang lain
C. Alasan Pelayanan : membuka lapangan kerja baru
D. Alasan Pemenuhan Diri : bosan menjadi buruh dan ingin menjadi pimpinan.
2. Mengorganisasi dan mereorganisasi mekanisme sosial/ekonomi untuk merubah sumber daya dan situasi dengan cara praktis
3. Diterimanya resiko dan kegagalan, berani mengambil tindakkan dengan resiko yang belum pasti.

Inovasi adalah kunci penting seorang wirausahawan, ada 2 faktor yang mempengaruhi:
1. Faktor Internal seperti locus of control, toleransi, nilai-nilai, pendidikan, pengalaman.
2. Faktor ekternal/lingkungan seperti model peran, aktivitas, peluang,organisasi, keluarga
Penentuan Potensi Kewirausahaan
Di bawah ini hal-hal yang bisa memberikan potensi bagi kewirausahaan:
(karakteristik wirausahawan yang sukses dengan n Ach tinggi)
• Kemampuan inovatif adalah kemampuan untuk menemukan nilai komersil dari kreativitas. Inovasi membuat kreativitas tidak cukup untuk meraih sukses. Kreatif hanya membuat perbedaan, inovasi membuat perbedaan tersebut memiliki nilai komersil. Jadi inovatif adalah caranya bagaimana menciptakan, mengkombinasikan dengan cara baru dan lebih baik.
• Toleransi terhadap kemenduaan (ambiguity) maksudnya kemampuan untuk berhubungan dengan hal yang tidak terstruktur dan tidak bias diprediksi. Karekteristik ini berkaitan erat dengan proses inovatif.
• Keinginan untuk berprestasi sebagai keinginan atau dorongan dalam diri orang yang memotivasi perilaku kearah pencapaian tujuan (pantang menyerah).
• Kemampuan perencanaan realistis menetapkan tujuan yang menantang dan bias diterapkan adalah tanda dari perencanaan realistis. Tujuan sesuai dengan n Ach dari wirausahawan.
• Kepemimpinan terorientasi kepada tujuan wirausahawan membutuhkan aktivitas yang mempunyai tujuan. n Ach yang tinggi memotivasi mereka untuk mengarahkan tenaga mereka dan rekan kerjanya.
• Obyektivitas mengarahkan pemikiran dan aktivitas kewirausahaannya dengan cara pragmatis (Pragmatis adalah suatu sifat, ciri yang menyatakan seseorang lebih cenderung bersifat praktis,terbingkai,dan kaku.Misalnya kalu di analogikan, ibarat makan gula, setelah kita makan langsung terasa manis contoh lain. Apabila seseorang berencana, atau memiliki suatu planning dalam kehidupannya misalnya masuk Partai, aktif berorganisasi dsbnya, namun punya tujuan yang jelas, sehingga tujuan yang ditetapkannya semula harus dicapainya langsung dengan keterlibatannya langsung dan dengan sesegera mungkin dicapai, tanpa mau menunggu proses atau melewati proses yang lama, apalagi berbelit-belit)
• Tanggung jawab pribadi tanggung jawab sepenuhnya ditanggung sendiri, mereka menetapkan tujuan sendiri dan memutuskan bagaimana mencapai tujuan tersebut dengan kemampuan mereka sendiri.
• Kemampuan beradaptasi dapat menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan yang ada. Jika berbeda dari apa yang diharapkan, mereka tidak menyerah, namun menilai situasi secara obyektif, merumuskan rencana-rencana baru yang dipercaya akan efektik pada lingkungan baru nya dan mengaktifkannya.
• Kemampuan sebagai pengorganisasi dan administrator kemampuan mengorganisasi dan administrasi didalam mengidentifikasi dan mengelompokkan orang-orang berbakat untuk mencapai tujuan.
Metode Analisa Diri Sendiri
• Untuk kebutuhan usaha baru harus memperhitungkan kebutuhan, dorongan dan aspirasi.
• 3 kebutuhan dasar yang mempengaruhi pencapaian tujuan ekonomi menurut McClelland yaitu kebutuhan untuk berprestasi (n Ach), kebutuhan berafiliasi (n Afill) dan kebutuhan untuk berkuasa (n Pow)
• Analisa prestasi pribadi, analisa dengan melihat pengalaman yang tidak terlupakan yaitu pengalaman yang sangat memuaskan dan pengalaman yang sangat tidak memuaskan
Adapun strategi yang diperlukan dalam menciptakan inovasi, antara lain:
 Menciptakan manfaat
 Meningkatkan nilai inovasi
 Beradaptasi dengan lingkungan sosial ekonomi pelanggan
 Menyajikan apa yang dianggap bernilai dari pelanggan.
 Konsep 3M (A.Gym)
* Mulai dari yang kecil
* Mulai dari diri sendiri
* Mulai saat ini juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar